25 Material Bahan Bangunan Dalam Kontruksi Rumah Minimalis

25 Material Bahan Bangunan Dalam Kontruksi Rumah Minimalis

Material Bahan Bangunan

Material Bahan Bangunan – Hal terpenting dalam kontruksi untuk membangun rumah merupakan material bangunan. Material bahan bangunan jenis nya ada banyak, lho.  Mau tahu apa saja yang perlu di persiapkan?

Sebelum membangun rumah, ada banyak sekali jenis dan bahan bangunan yang perlu kamu ketahui.

Lalu apa saja bahan bangunan yang di perlukan untuk membangun rumah minimalis?

Langsung simak aja, inilah 25 material bahan bangunan dalam kontruksi rumah minimalis.

25 Material Bahan Bangunan

1. Batu Pondasi

Bongkahan batu kali yang tidak beraturan. Material bahan bangunan yang utama di jadikan sebagai fondasi untuk membangun bangunan atau pun bangunan lainnya.

Batu kali  merupakan jenis material bangunan alam yang bisa di dapatkan di sungai atau gunung.

2. Batu Bata

Batu bata atau bata merah merupakan bahan bangunan yang  terbuat dari  tanah lihat yang di bakar sampai berwarna kemerahan.

Material ini di gunakan untuk dinding rumah. Di susun dengan rapi, kokoh, serta sifatnya yang tahan lama. Meskipun ada material lain yang bisa mengantikan batu bata sebagai dinding, tetapi batu bata lebih banyak di gunakan. Selain itu, batu bata mudah di cari, kokoh, dan kualitasnya yang bagus.

3. Batu Kerikil atau Pecahan

Batu kerikil di gunakan sebagai campuran semen dan pasir untuk membuat beton. Oleb sebab itu, hindarilah batu kerikil yang ringan dan berongga karena kurang baik. Material bahan bangunan batu kerikil bisa di dapatkan disungai dan gunung.

4. Pasir

Beberapa jenis pasir di gunakan sebagai campuran semen. Kandungan lumpur yang rendah, akan semakin baik pasir. Oleh sebab itu, kandungan lumpur dapat menghambat ikatan semen dan pasir.

5. Bahan Bangunan Semen

Semen merupakan campuran batu kapur dan lempung yang mengandung  silika, alumunium oksida, dan oksida besi. Bahan tersebut di campurkan, kemudian di haluskan dan di panaskan dengan suhu tinggi hingga menjadi campuran baru.

Semen di gunakan untuk merekatkan batu, batu bara, dan bahan bangunan lainnya.

6. Bahan Bangunan Baja

Baja di gunakan sebagai penguat sebuah rumah. Rumah memerlukan baja pada bagian sloof dibagian atas fondasi dan kolom untuk penguat dinding. Pemasangan baja di tata secara vertikal dibagian pojok, pertemuan antara dua dinding.

Fungsinya sebagai pengunci kolom paling atas dan memperkuat dinding dalam menahan beban atap.

7. Bahan Bangunan untuk Batako

Batako merupakan campuran pasir dan semen dengan perbandingan 8:1 yang menjadi alterantif batu bata.

Pembuatan batako lebih mudah di bandingkan dengan  batu bata karena memerlukan proses pembakaran dan pengeringan yang cukup rumit.

Kekurangan batako adalah lebih mudah menyerap panas, sehingga sebagai dinding akan lebih panas pada siang hari. Kelebihanya  adalah harga batako lebih terjangkau.

8. Kayu

Bahan bangunan kayu di gunakan untuk reng genteng, kusen pintu, dan jendela.  Tetapi semakin kering merata kayu akan lebih bagus kualitas kayu. Kayu yang basah bisa melengkung pada bangunan.

9. Bambu

Bambu sebagai  tambahan bahan bangunan di gunakan untuk tiang penyangga dan dudukan sebagai membuat dinding. Karena penggunaan bambu lebih menghemat dana dibandingkan kayu yang harganya lumayan mahal.

10. Bahan Bangunan untuk  Genteng

Penutup atap rumah yang terbuat dari tanah liat dan beton. Genteng adalah bahan bangunan  dengan material alami sehingga dapat membuat rumah lebih sejuk pada siang hari dan tahan lama.

11. Kaca

Dengan kaca, cahaya bisa masuk,tetapi masih di lindungi dari cuaca buruk. Bahan bangunan yang sebagian umum di gunakan sebagai jendela.

Material kaca di gunakan sebagai pelapis pada ventilasi rumah. Kaca terbuat dari campuran pasir dan silika.

12. Pipa

Peran penting dalam kontruksi bahan bangunan yakni pipa sebagai penghubung saluran air dan saluran pembuangan kamar mandi. Pipa terbuat dari bahan yang tahan terhadap rendah tingginya suhu.

13. Paku

Paku adalah bahan bangunan berfungsi untuk menggabungkan berbagai bahan bangunan. Meskipun bukan bahan utama bangunan, tetapi tetap di perlukan.

14. Bahan Bangunan Keramik

Memperindah tampilan rumah dengan bahan bangunan keramik. Selain itu, keramik bisa digunakan dinding kamar mandi.

15. Triplek

Penggunaan triplek di gunakan sebagai penutup bagian langit-langit atau plafon rumah. Sehingga langit-lagit terlihat rapi, kerangka atap  tidak terlihat serta kabel-kabel tidak terlihat. Triplek langit-langit rumah bisa dihiasi ukiran cantik.

16. Cat

Cat bahan bangunan yang menjadi solusi hemat sebagai pelapis dinding. Tidak hanya menjadi pelapi dinding. Karena pemilihan warna yang tepat  sesuai keinginan menjadi daya tarik penghuni rumah.

17. Bahan Bangunan Gamping

Batu sedimen ini di gunakan  sebagai campuran pasir dan semen. Bahan bangunan gamping dapat menghemat material semen.

18. Wallpaper Dinding

Wallpaper dinding sebagai pelapis dinding bisa digunakan saat punya dana lebih. Penggunaan bahan bangunan wallpaper dinding dapat menutupi dinding yang retak. Oleh sebab itu, penggunaan wallpaper dinding membuat nuansa rumah yang lebih bermotif dan mewah.

19. Bahan Bangunan Gipsum

Gipsum merupakan  bahan bangunan yang kadar kalsium nya cukup tinggi. Penggunaan gipsum sebagai kebutuhan  kontruksi plafon atau dinding karena nilainya yang lebih praktis, ringan, dan cara pasang yang mudah. Selain itu, penggunaan gipsum  membuat lebih nyaman untuk  menjaga suhu ruangan.

20.Ventilasi Udara

Banyak orang membuat ventilasi rumah sembarangan sehingga mengakibatkan udara yang buruk dan kelembaban yang tinggi mempengaruhi struktur bangunan.

Macam-macam ventilasi rumah :

  • Ventilasi dari boven
  • Jasuli/Krepyak
  • Kaca Nako
  • Loster

21. Kabel Listrik

Kabel listrik digunakan pendistribusian listrik dirumah. Kualitas yang baik, pilihlah jenis kabel listrik yang tebal dan berstandar SNI pada rumah.

Standar SNI lebih awet dan tahan lama penggunaan kabel.

22. Pintu

Akses keluar dan masuk rumah melewati bahan bangunan pintu. Karena pemilihan jenis material pintu disesuaikan bangunan dan kebutuhan.

Berbagai macam material pintu :

  • Kayu
  • Kaca
  • Alumunium
  • Panel
  • Baja
  • Fiberglass dan sebagainya.

23. Kunci Pintu

Bendanya kecil tapi jangan disepelekan karena menjaga keamanan penghuni rumah dan memastikan sistem kunci berfungsi dengan baik adalah suatu keharusan.

24. Kran Air

Kran air berfungsi sebagai saluran air untuk keluar dengan berbagai jenis dan harga yang bervariasi. Oleh karena itu, ketahui  jenis keran yang cocok untuk rumah sebelum membelinya.

25. Lampu

Penerangan untuk rumah berupa lampu perlu diperhatikan tingkat cahaya, jenis lampu, dan keamanan nya.

Akhir Kata

Demikian 25 material bahan bangunan dalam kontruksi rumah minimalis. Semoga artikel UD Luthfi  Jepara bermanfaat bagi kalian untuk menyiapkan pembangunan rumah anda.

UD LUTHFI

Solusi hemat rumah anda!

See all author post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.

Back to top